Minggu, 11 Desember 2011

Pertama di dunia 128Gb 20nm NAND Flash

IMFT (Intel Micron Flash Technologi), Perusahaan rekanan Intel dan Micron ini mengumumkan bahwa mereka telah mampu menghasilkan Chip Flash dengan kapasitas 128 GB NAND dengan ukuran sangat kecil yaitu 20nm (nano meter).
Saat ini IMFT sedang memproduksi secara masal untuk type 64 Gb, sedangkan Produk terbaru ini merupakan pengembangan dari produk sebelumnya dan masih dalam tahap pengujian.
Untuk versi 64Gb menggunakan 8.192 bytes page sedangkan Pada versi 128GB akan di tingkatkan menjadi 16.384 byte page,  akibatnya, controller dan firmware drive harus diubah untuk mengakomodasi ukuran page yang baru. Chip Flash 128GB akan menggunakan interface (Open NAND Flash Interface) ONFI 3.0 yang akan  meningkatkan kecepatannya hingga maksimum 333 MT/s (MegaTransfer per Second).
Selain kapasitas dan kecepatan, properti lain yang penting dari memori flash adalah daya tahan, baik 64GB dan 128GB telah menggunakan teknologi multi-level cell (MLC), yaitu metode penyimpanan data di tiap sel. setiap sel mempunyai satu lampu kilat/Flash, tiap lampu kilat terkecil bertanggung jawab untuk menyimpan hanya nilai tunggal.
Chip Flash 20nm menggunakan desain gerbang Hi-K/metal yang memungkinkan untuk membuat transistor lebih kecil dengan daya tahan yang baik. IMFT mengklaim bahwa penggunaan Hi-K/metal gerbang adalah yang pertama di pakai untuk produksi flash NAND.
Untuk tipe 64Gb akan mulai di pasarkan pada pertengahan tahun depan, sedangkan butuh waktu yang lebih lama untuk memproduksi tipe 128 Gb. Diperkirakan 128GB baru akan di produksi masal pada semester pertama tahun depan, dan akan di pasarkan pada tahun 2013.
Intel juga berencana untuk memperkenalkan SSD (Solid State Drive) NAND 20nm dengan kapasitas 2 Terabyte dengan target pasar Komputer tablet dan Ultrabook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar